Unforgettable Moment: Ricci Cup XI ( Day 7 )

Sekolah gue lagi ngadain acara RICCI CUP, ya gitulah, pertandingan-pertandingan basket, bola, dll... dan ini pertama kalinya gue jadi panitia--selain kebersihan--yaitu panitia PPPK alias P3K alias Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan. Udah taulah tugasnya ngapain aja, nolongin orang yang kecelakaan waktu lagi tanding (bukan "kecelakaan" yang gede-gedean juga loh -_-). Selama ini sih, seru-seru aja jadi P3K, kerjanya ga berat-berat alias gabut. Kalaupun ada yang kenapa-kenapa, palingan juga cuma luka terus minta betadine, ato ga keseleo trus disemprotin kloretil (ethyl chloryde , gatau gimana ngetiknya, pokoknya cuma dibilang "kloretil"). Dan hari ini, hari ke-7 dalam masa jabatan gue sebagai anggota P3K, ada 1 kejadian yang amat sangat di luar dugaan yaitu: ADA PEMAIN YANG PATAH TULANG . Jadi ceritanya, gue lagi kedapetan jaga di hall basket, dan pas lagi seru-serunya nonton Ricci lawan sekolah lain, tiba-tiba ada sebuah "kecelakaan" yang bikin pemain lawan tuh jatoh dan guling-guling di lantai. Kita, manusia-manusia P3K yang lagi asik-asik duduk di matras depan ruang P3K spontan langsung berdiri semua--termasuk gue--dan kakak kelas ketua kelompok P3K tim gue langsung nyamperin tuh pemain, dikira cuma keseleo dan perlu disemprotin kloretil. Terus dengan cepet banget, tuh pemain yang udah treak-treak di lantai udah pada dikerubungin ama murid-murid, ama anak-anak panpel basket, ama temen-temennya, ama pelatihnya, pokonya ama semuanya dah. Trus pelatihnya megangin kaki korban dan triak-triak: "Kakinya patah! Cepet ambil kayu!!" . Gue kaget dan langsung ngintip dari balik kerumunan orang-orang dan gue liat kakinya tuh udah bengkok gitu. Gue langsung lemes, deg-degan, panik, dan bingung mau ngapain. Yang lain langsung serabutan nyariin kayu buat nyangga kaki tuh korban, karena jujur aja, tim P3K tuh sama sekali ga nyiapin kayu karena kita juga ga nyangka kalo bakal ada yang patah tulang segala. Jadilah ada seorang kakak panpel yang marah-marah sambil treak-treak "WOI MANA NIH P3K, KERJA YANG BENER DONG! GA SIGAP BANGET SIH.. BISA KERJA GA SIH??!!" (kurang lebih begitu, soalnya gue juga lupa persisnya dia ngomong apa). Kita semua yang lagi pada panik nyariin kayu ga bisa nemuin kayu yang pas buat nyangga kakinya korban, jadinya kita pake papan apa gitu yang buat skor, trus diiket pake tali rafia. Abis kakinya diiketin ke papan, tuh anak langsung dinaikin ke tandu, trus dibawa ke rumah sakit ( kerumah sakitnya naik mobil, yakali dibawa lari pake tandu -_- ). Abis itu kita semua--gacuma anak P3K--pada shock dan masih kaget banget. Sementara itu, darah yang berceceran di lantai dibersihin ama anak basket, bukan sama anak kebersihan, gatau dah tuh kebersihan yang jaga di hall pada kemana. Akhirnya pertandingan selesai,dan Ricci menang dengan skor 16-10 di kuarter ke-2, menit ke-8.


Kejadiannya emang cepet banget, dan karena kejadian itu, gue yakin tim P3K pasti bakal dikomentarin yang negatif, kayak: ga sigap lah, ga becus lah, apalah pokoknya... Jujur ya, sebagian besar anak-anak P3K sakit ati banget ditreakin ama kakak panpel yang tadi, dibilang gabisa kerja dan segala macemnya. Tapi ada beberapa hal yang perlu lu tau kenapa kita bisa dibilang AMAT SANGAT TIDAK SIAP dengan segala kejadian hari ini.
Pertama Kita tuh ga pernah dapet bimbingan / di-briefing langsung ama guru pembina kita. Kita gapernah dijelasin cara ngebersihin & ngobatin luka, cara gini-cara gitu, apalagi cara nanganin orang yang kakinya patah. Jadi tolong ngerti dikit dong. Bayangin kalo lu jadi kita, udah gangerti apa-apa, trus ada kejadian yang amat sangat langka dan fatal dan parah kaya gitu. Mau ngapain coba? Bingung kan.. Kita juga bingung.. Udah bingung, panik, ditreakin terus.. :( makin ga konsen lah jadinya.
Kedua Jujur dari hati yang paling dalam, kita emang kurang persiapan. Kita ga nyiapin kayu buat kejadian patah tulang kaya gini, karena berdasarkan pengalaman-pengalaman tahun sebelumnya, belom pernah ada yang patah tulang, dan mungkin pada ga kepikiran juga bakal ada kejadian kayak gini. Jadi bukannya kita ga sigap, kita udah usaha nyari kayu tapi karena kita ga nyiapin kayu, kita jadinya malah kocar-kacir kesana-kemari nyariin apa aja yang bisa dipake. Tapi sama kakaknya malah dibilang gabisa kerja.. sakit ati loh :(

Singkatnya, jadi panitia P3K itu...
1. Asik karena kerjanya gabut
2. Korban sakit ati karena selalu di komplain, walaupun kita udah berusahaa semaksimal mungkin buat nolongin merek-mereka yang membutuhkan.

Jadi tolong ya ngertiin dikit, gimana rasanya jadi anggota P3K. Kita terima kok kalo ada yang kritik atau komplain, tapi ya liat fakta juga, jangan cuma asal marah-marah doang. :)

1 comments

  1. iya, taun depan mesti lebih persiapan.. smoga aja gaada yg aneh2 kaya gini lagi..

    ReplyDelete